STUDI NUMERIK ALIRAN 3D INTERAKSI AIRFOIL DAN PLAT DATAR
DOI:
https://doi.org/10.21063/jtv.2025.3.1.101-107Kata Kunci:
Simulasi Numerik, CFD, Aliran Sekunder, Airfoil, EndwallAbstrak
Pengaruh aliran sekunder pada konfigurasi badan sayap pada pesawat—yaitu, keberadaan pusaran ujung sayap pada daerah ujung dan terciptanya beberapa elemen aliran pusaran pada daerah dinding ujung—menjadi dasar bagi kajian keberadaan struktur aliran sekunder ini. Kedua faktor ini jika digabungkan akan menghalangi aliran utama. Adanya efek pemblokiran ini akan berdampak pada aerodinamika gaya angkat dan gaya hambat, yang secara langsung berdampak pada kemanjuran dan efisiensi sayap. Pergeseran posisi titik pelana ke arah sisi tekanan merupakan fenomena yang dapat dilihat pada daerah dinding ujung. Di sisi lain, daerah tekanan maksimum pada permukaan bawah bergerak ke arah sisi tekan, dan pergerakan titik tekanan minimum pada permukaan atas ditemukan lebih dekat ke tepi terdepan berdasarkan kontur isobar. Kajian akan dilakukan secara eksperimen pada model pelat datar dengan perubahan bentuk sayap dengan variasi sudut serang (α) = 0o.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 ITP Press

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.