ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING ( STUDI KASUS : Jl. SOEKARNO HATTA PASAR BAWAH KOTA BUKITTINGGI )

Penulis

  • Misbah Misbah Institut Teknologi Padang
  • Hendrizal Hendrizal Institut Teknologi Padang

DOI:

https://doi.org/10.21063/jtv.2023.1.1.45-53

Kata Kunci:

Kapasitas, Kecepatan, Tingkat pelayanan, Volume lalu lintas

Abstrak

Ruas Jalan Soekarno Hatta merupakan jalan kolektor sekunder 4 lajur 2 arah terbagi (4/2 D) sebagai jalan utama menuju pusat perdagangan Kota Bukittinggi. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan terlihat bahwa, kendaraan yang melalui ruas jalan ini cukup ramai, bahkan sering terjadi kemacetan yang disebabkan oleh area wilayah tersebut merupakan area pasar dan pusat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup sehingga aktivitas parkir banyak menggunakan sebagian badan jalan yang menyebabkan terjadi penyempitan lebar jalan efektif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja ruas Jalan Soekarno Hatta yang ditinjau dari volume lalu lintas, kapasitas, dan tingkat pelayanan (LOS). Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode MKJI 1997 dengan mengumpulkan data primer, berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas dan hambatan samping yang diperoleh langsung di lokasi penelitian, dan data sekunder, berupa data jumlah penduduk. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh volume lalu lintas maksimum terjadi pada survei utama yaitu pada hari rabu untuk kedua arah sebesar 518,25 smp/jam dan 522,25 smp/jam pada pukul 11.30 sampai 12.30 WIB dan 11.00 sampai 12.00 WIB. Sedangkan untuk kapasitas diperoleh samasama sebesar 1148,82 smp/jam untuk kedua arah. Kemudian juga rata rata kecepatan tertinggi pada ruas jalan soekarno hatta yaitu sepeda motor dengan kecepatan 20,08 Km/jam arah Janjang 40- Bypass dan arah sebalik nya dari Bypass-janjang 40 kecepatan tertinggi juga sepeda motor dengan kecepatan 20,20 Km/jam. Hambatan samping pada ruas Jalan Soekarno Hatta termasuk dalam kategori kelas hambatan samping sangat tinggi (VH). Dan ditinjau dari tingkat pelayanan ruas Jalan Soekarno Hatta termasuk kategori C dimana untuk klasifikasi jalan arus terbilang lancar, kecepatan masih dikendalikan, V/C masih dapat ditolerir. Rekomendasi yang disarankan yaitu dengan di lakukannya penertiban lahan parkir untuk pengendara sepeda motor dan disediakannya tempat khusus untuk mobil angkutan kota (angkot) untuk menunggu penumpang serta pemasangan rambu-rambu dilarang berhenti dan rambu-rambu dilarang parkir.

 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-25

Cara Mengutip

ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT HAMBATAN SAMPING ( STUDI KASUS : Jl. SOEKARNO HATTA PASAR BAWAH KOTA BUKITTINGGI ). (2023). Jurnal Teknologi Dan Vokasi, 1(1), 45-53. https://doi.org/10.21063/jtv.2023.1.1.45-53

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama